Kementerian PUPR Gelar Pameran Rumah Rakyat di Jambi

By Admin

nusakini.com--Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Badan Layanan Umum Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (BLU PPDPP) menggelar Pameran Rumah Rakyat di Gelanggang Olahraga (GOR) Kota Baru Jambi, kemarin.. Selain di Jambi, pameran tersebut juga digelar di tiga kota lainnya, yaitu Banyuwangi, Kendari dan Jakarta. 

Pameran dibuka oleh Direktur Jenderal Pembiayaan Perumahan, Maurin Sitorus bersama Direktur Utama BLU PPDPP, Budi Hartono, serta Sekretaris Daerah Provinsi Jambi, Ridham Priskap dan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Jambi, Daru Pratomo. Dalam pameran tersebut ada 50 stand yang terdiri dari para pengembang perumahan bersubsidi, bank pelaksana serta asosiasi pengembang. 

Maurin sitorus menyampaikan bahwa masalah perumahan di Indonesia yaitu backlog (kekurangan jumlah rumah) dan rumah tidak layak huni. “Dibutuhkan Rp 1.500 triliun untuk menangani semua itu. Pemerintah tidak memiliki anggaran sebesar itu. Maka masalah perumahan itu menjadi tanggung jawab kita semua. Bagaimana kita menjalankan peran masing-masing secara maksimal,” tuturnya. 

Maurin juga mengungkapkan bahwa saat ini suku bunga KPR (Kredit Pemilikan Rumah) FLPP (Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan) adalah 5 persen. Jauh lebih rendah bila dibandingkan dengan suku bunga komersil yang mencapai 12-14 persen. Ditambah lagi jangka waktu hingga 20 tahun dan dibebaskan PPN. Selain itu pemerintah juga berikan bantuan Prasarana dan Sarana Umum (PSU) pada perumahan bersubsidi sebesar Rp 6,2 juta per unit. 

Maurin berpesan agar pemerintah daerah (pemda) terus mendukung pemerintah pusat. "Masalah tanah dan perizinan termasuk pada otonomi daerah. Maka kami mohon peranan Pemda Jambi untuk terus mendukung kemudahan dan percepatan. Kami optimis program dapat sukses karena respon positif dari semua stakeholder dan masyarakat, mari kita jaga sinergi ini,” tuturnya. 

Budi Hartono dalam laporannya menyampaikan bahwa penyediaan perumahan merupakan tanggung jawab bersama, baik pemerintah, pengembang, swasta, bank maupun masyarakat. Sejak dicanangkan Program Satu Juta Rumah pada 29 April 2015 lalu, BLU PPDPP telah menyalurkan kurang lebih 475.000 unit KPR FLPP kepada masyarakat. 

"Pameran ini juga dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Habitat Dunia. Melalui pameran ini dipertemukan supply dan demand, yaitu pengembang sebagai penyedia, masyarakat sebagai yang membutuhkan serta bank pelaksana yang mendukung dan menyalurkan KPR FLPP,” kata Budi. 

Ia menambahkan bahwa pada pameran di Jambi ini terbuka untuk umum serta tidak dipungut biaya. Ditargetkan dapat menarik 1.000 pengunjung setiap harinya dan untuk memeriahkan acara pameran tersebut, akan ada talkshow, live music dan perlombaan hiburan. 

Daru Pratomo menyampaikan bahwa Pemerintah Provinsi Jambi sudah mengawal program-program yang mendukung penyediaan rumah layak huni, salah satunya dengan bedah rumah yang bekerjasama dengan program CSR swasta. Program 'Jambi tuntas 2021' juga tidak lepas dengan fasilitas-fasilitas rumah layak huni. 

"Kami juga telah melakukan pengusulan rumah susun, rumah khusus dan bantuan PSU serta program BSPS (Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya). Kami berharap usulan kami dapat menjadi prioritas di Kementerian PUPR,” ujarnya. (p/ab)